Prestasi Solid Diprediksi Berlanjut, Berikut Rekomendasi Saham AKR Corporindo (AKRA)

Prestasi Solid Diprediksi Berlanjut, Berikut Rekomendasi Saham AKR Corporindo (AKRA)

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mencetak kinerja solid di tempat sepanjang tahun 2023. Analis memperkirakan AKRA mampu melanjutkan tren positif di tempat tahun 2024.

Analis BRI Danareksa Sekuritas, Hasan Barakwan, memaparkan bahwa AKRA mencetak kinerja yang tersebut solid selama tahun 2023. Laba bersih AKRA terpantau naik sekitar 15,7% year on year (YoY) menjadi Simbol Rupiah 2,7 triliun pada tahun lalu.

Bacaan Lainnya

Di samping itu, AKRA berhasil membukukan margin per liter yang dimaksud stabil dengan jualan tanah yang mana lebih tinggi tinggi, sehingga membantu laba kotor naik 5,2% YoY menjadi Rp4,4 triliun.

“Kinerja yang dimaksud kuat khususnya didorong oleh kombinasi dari peningkatan besar substansi bakar yang solid dan juga transaksi jual beli lahan yang digunakan sangat lebih besar tinggi,” ungkap Hasan di riset 22 Maret 2024.

Capaian laba positif yang disebutkan diraih pada waktu pendapatan turun 11,5% YoY menjadi Mata Uang Rupiah 42 triliun oleh sebab itu rendahnya biaya jual komponen bakar juga item komponen kimianya. Namun, pendapatan kuartalan melonjak 57,6% di dalam kuartal IV-2023 khususnya berkat transaksi jual beli lahan yang digunakan lebih besar tinggi dalam periode yang dimaksud sekitar 90 hektare (ha) dibandingkan 10 Ha pada kuartal III-2023.

Hasan menilai, pelanggan lahan AKRA memang sebenarnya moncer yang tersebut terlihat dari rekor pelanggan lahan tertinggi sebesar 91 hektar selama tahun 2023, meningkat dua kali lipat daripada perdagangan tahun 2022 seluas 44 ha. Penjualan lahan dari JIIPE menjadi penggerak utama pada tahun 2023.

Di segmen perdagangan materi bakar, AKRA menciptakan jumlah yang digunakan stabil, sementara ukuran komponen kimia juga relatif datar akibat didukung oleh peningkatan jumlah kuartal IV yang dimaksud solid sebesar 34,1% quarter on quarter (QoQ).

Sedangkan terkait margin unsur bakar cenderung datar di area sepanjang tahun lalu, namun margin pada kuartal keempat 2023 berkembang signifikan sekitar 18% yang digunakan mencapai rekor tertinggi untuk margin material bakar per liter.

Pada industri transaksi jual beli Bahan Bakar Minyak (BBM) B2B, manajemen AKRA mengharapkan 5-6% YoY peningkatan jumlah di tempat tahun 2024. Target optimistis ini didorong oleh permintaan dari klien di tempat Kalimantan serta Sulawesi. 

Namun demikian, BRI Danareksa Sekuritas mempertahankan estimasi peningkatan yang mana lebih banyak konservatif sekitar 1%, dengan mempertimbangkan perlambatan pertumbuhan di area sektor pertambangan segmen pelanggan, di dalam sedang lambatnya kemajuan persetujuan RKAB pada kuartal I-2024.

Perhatikan bahwa 50% ukuran segmen pertambangan AKRA berasal dari pertambangan batubara.

 

Kepala Investigasi Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Robertus Yanuar Hardy, mengantisipasi kinerja AKRA dari perusahaan distribusi material bakar lalu unsur kimia yang lebih besar baik di tempat tahun 2024. Hal itu menyusul lonjakan nilai tukar unsur bakar yang digunakan terjadi belakangan ini.

Seperti diketahui, laba sebelum pajak pada perusahaan inti distribusi substansi bakar serta unsur kimia AKRA yang dimaksud berkontribusi 64% terhadap bilangan bulat konsolidasinya, berkembang sebesar 8% QoQ menjadi Rp925 miliar pada kuartal IV-2023. Hal ini menyusul peningkatan pendapatan sebesar 9% QoQ menjadi Simbol Rupiah 10,9 triliun.

Robertus mencermati, pertumbuhan yang dimaksud adalah hasil dari peningkatan jumlah distribusi yang signifikan. Utamanya didorong oleh beberapa penambang yang digunakan mencari economies of scale terutama mengingat melemahnya beberapa nilai tukar energi pada akhir tahun.

Oleh sebab itu, Robertus menilai adanya kenaikan harga jual material bakar minyak berjangka dan juga panduan prospek tingkat produksi yang dimaksud lebih lanjut tinggi dari beberapa perusahaan pertambangan terbesar di dalam Indonesia, AKRA berpotensi mencatatkan nomor yang lebih besar tinggi lagi pada kuartal I-2024.




Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *